14 Feb 2012

Tugas bahasa indonesia di suruh buat karya ilmiah dan kelompok saya mengambil tema tentang "GALAU"

Pendahuluan
1.    Latar belakang
Remaja adalah masa dimana sedang terjadinya pembentukan jati diri, terkadang mereka mencoba melakukan hal baru seperti mencoba mulai mengungkapkan perasaanya pada lawan jenis. Para remaja identik dengan perasaan “Galau” yang mereka alami. Biasanya apabila tengah menghadapi masalah-masalah mereka identik dengan kesedihan dan kekecewaan.

ISI POKOK
    Galau adalah suatu keadaan dimana kita memikirkan suatu hal secara berlebihan, bingung apa yang harus dilakukan dengan suatu hal ini. Dengan pikirannya sendiri sehingga menimbulkan efek emosi melabil, pikiran pusing, dan mendadak insomnia. Banyak orang mengatakan galau adalah perasaan tertekan. Contohnya galau pada saat ingin menghadapi ujian, siswa/i tersebut tidak belajar dan tidak tahu ingin menyontek dengan siapa. Galau juga melanda kelompok usia di atasnya, misalnya kalangan remaja, karena kisah cintanya yang berakhir. Jadi, penyebab galau yang dominan adalah ketika diputusin pacar atau sedang bertengkar dengan sang pacar.

PENUTUP/SOLUSI
    Maka dari itu daripada menggalau terus karena pacar saya mempunyai trik untuk menghalau galau. Berikut 5 trik menghalau galau yang mudah untuk diterapkan.
Pertama, ketika galau melanda segera alihkan perhatian. Seperti ketika sedang menonton televisi,  ada acara yang tidak disukai, lekas ganti chanel, cari program yang menghibur dan membuat semangat.
Kedua, galau biasanya datang saat sedang sendiri, oleh sebab itu carilah teman. Terutama teman yang bersikap, berkebiasaan, berkata dan berpikiran positif. Teman di sini maksudnya siapa saja yang bisa diajak ngobrol, tukar pikiran, atau curhat.
Ketiga, isilah hari-hari dengan penuh kesibukan yang positif dan produktif. Galau muncul saat ada kekosongan, ada waktu luang, dengan menyibukan diri maka tidak ada kesempatan untuk “diinvasi” dan “diintervensi” galau.
Keempat, sudah terbukti bahwa berolahraga dapat menyehatkan fisik, mental dan pikiran. Dengan demikian, olah raga merupakan penghalau galau yang paling efektif. Sebenarnya yang dimaksud olah raga begitu luas dan beragam. Jenis olah raga yang paling murah, mudah dan meriah adalah jalan kaki. Nah, ketika gejala galau mulai datang, enyahkanlah dengan berjalan kaki, ke mana saja, kalau perlu ajak adik, kakak, teman atau siapun supaya sekalian berbagi rasa.
Kelima, kalau kondisi kegalauan sudah kronis dan sistemik, maka harus ditangani secara profesional, sebab yang terjadi ialah awal depresi, yaitu mulai terjadinya gejala gangguan jiwa.


sekian dari saya! semoga bermamfaat yaa :D

Template by:

Free Blog Templates